Pesan teknisi lebih mudah via panggilan online, mudah, cepat & tanggap. Dapatkan penawaran menarik dari kami sekarang juga.

Search Suggest

Penyebab Mesin Cuci Lemah Putarannya Lengkap Dengan Solusi

Penyebab mesin cuci lemah putarannya harus Anda ketahui secepatnya. Pasalnya, mesin cuci yang berputar terlalu lambat bisa membuat kinerjanya tidak ma
Penyebab Mesin Cuci Lemah Putarannya

Penyebab mesin cuci lemah putarannya harus Anda ketahui secepatnya. Pasalnya, mesin cuci yang berputar terlalu lambat bisa membuat kinerjanya tidak maksimal. Hasil pencucian pastinya tidak sebersih sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin cuci berputar lambat. Perhatikan baik-baik.

Beban Muatan Terlalu Banyak

Salah satu penyebab kenapa mesin cuci berputar terlalu lambat yakni karena beban muatannya terlalu banyak. Saat Anda mencuci terlalu banyak pakaian atau melebihi kapasitas mesin cuci, jelas mengganggu kinerjanya.

Biasanya ada beberapa model mesin cuci yang telah berbekal teknologi pendeteksi otomatis. Berkat teknologi tersebut, mesin cuci jadi tahu seberapa penuh beban muatan yang ada di dalamnya.

Mengetahui hal itu, sudah seharusnya Anda tidak mengisi mesin cuci dengan pakaian yang terlalu banyak. Alangkah baiknya jika Anda menyesuaikan jumlah pakaian yang hendak dicuci dengan kapasitas mesin cucinya.

Karet Vanbelt Longgar

Penyebab lainnya kenapa mesin cuci lemah putarannya yaitu karet vanbelt longgar. Untuk itu, Anda harus periksa komponen tersebut terlebih dahulu.

Selain karena longgar, masalah ini juga bisa terjadi apabila karet vanbelt aus atau sudah usang. Jika memang Anda menemukan komponen tersebut bermasalah, sudah semestinya segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Rekomendasi mesin cuci 2 tabung hemat biaya

Setelah itu, Anda bisa cek kembali bagaimana putaran mesin cucinya. Apabila putarannya masih pelan, Anda bisa cermati penyebab berikutnya.

Lid Switch Tak Bekerja Optimal

Lid switch yang tidak bekerja optimal juga bisa menyebabkan putaran mesin cuci jadi pelan. Bahkan ada beberapa model mesin cuci yang tak berputar sama sekali ketika menemui masalah di komponen tersebut.

Untuk itu, Anda bisa cermati komponen tersebut dan segera lakukan perbaikan ketika bermasalah. Apabila memiliki budget lebih, ada salahnya untuk mengganti komponennya supaya fungsinya kembali maksimal.

Gigi Gearbox Aus

Komponen yang satu ini berperan penting dalam menyambungkan tabung mesin cuci. Apabila ada masalah pada komponen tersebut, sudah wajar jika mesinnya berputar pelan atau bahkan berhenti sama sekali.

Kondisi ini memicu pengering mesin cuci juga melambat secara otomatis. Oleh sebab itu, segera perbaiki gigi gearbox yang sudah aus. Alhasil, fungsinya bisa kembali prima seperti mesin cuci baru.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Lemah Putarannya

Bukan hanya penyebab, pastikan Anda juga memahami solusi untuk mengatasi mesin cuci yang lemah putarannya. Berikut beberapa solusi tersebut.

Bersihkan Laci Deterjen

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin cuci yang lemah putarannya ialah melakukan pembersihan secara rutin dan tepat. Pastikan pula Anda membersihkannya secara detail sampai ke celah terkecil.

Tak terkecuali pula di bagian laci deterjen serta filter. Untuk membersihkan bagian tersebut, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi yang bekas. Lakukan secara perlahan dan hati-hati sehingga tidak merusak komponennya.

Bersihkan Tabung Mesin

Jangan lupa pula untuk membersihkan tabung mesin. Dalam melakukan pembersihan, Anda bisa memutar mesin cuci, namun tanpa memasukkan pakaian ke dalamnya.

Ganti Komponen

Sebagaimana sudah kita ulas di atas bahwa masalah ini bisa terjadi karena komponennya sudah aus atau bermasalah. Oleh sebab itu, periksa dan ganti komponen yang sudah aus tersebut.

Gunakan: Jasa service mesin cuci surabaya

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu apa saja penyebab mesin cuci lemah putarannya. Selain memahami penyebabnya, pastikan juga mencermati dan mempraktikkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, fungsi mesin cuci bisa kembali gahar.